iklan

✔ Sap Mkpai Uniat Jakarta

KONTRAK PERKULIAHAN



       I.            Identitas Mata Kuliah

Mata Kuliah                                                  : MKPAI
Kode Mata Kuliah/ SKS                              :
Prodi                                                               : Agama Islam
Hari Pertemuan/ Jam                                   : Sabtu. (16.30 – 17.30)
Dosen Pembina                                              : Sunardin, S.Pd.I. M. Pd.I.

Baca Juga


    II.            Deskripsi Mata Kuliah


Matakuliah Pendidikan Agama Islam bersifat wajib bagi setiap mahasiswa yang beragama Islam di semua acara studi. Matakuliah ini dirancang dengan maksud untuk memperkuat kepercayaan dan takwa kepada Allah Swt. serta memperluas wawasan hidup beragama, sehingga terbentuk mahasiswa Muslim yang berbudi pekerti luhur, berpikir filosofis, bersikap rasional dan dinamis, serta berpandangan luas, dengan memperhatikan tuntutan untuk menjalin harmoni antar sesama insan baik dalam satu agama maupun dengan umat beragama lain.
Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam (PAI) di Perguruan Tinggi Umum (PTU) memperoleh landasan yang kokoh semenjak dikeluarkan Tap. MPRS No. II Tahun 1960 dan UU. Perguruan Tinggi No. 22 Tahun 1961, yang mewajibkan pengajaran mata kuliah agama di sekolah tinggi tinggi negeri. Dengan ketetapan tersebut, keberadaan PAI sebagai sarana pembentukan kepribadian mahasiswa semakin kuat.

Pada dasarnya pendidikan agama di sekolah tinggi tinggi merupakan kelanjutan dari pendidikan agama yang dilaksanakan pada jenjang pendidikan sebelumnya. Yaitu mulai dari jenjang Taman Kanak-kanak dilanjutkan ke SD, kemudian ke Sekolah Menengah Pertama kemudian ke SMA. Dari Sekolah Menengan Atas dilanjutkan ke sekolah tinggi tinggi.Dinamika Pendidikan Agama di Perguruan Tinggi Umum telah terukir dalam sejarah pendidikan di tanah air semenjak awal hadirnya sekolah tinggi tinggi di negri ini. Bermula dari sebagai mata kuliah yang dianggap kehadirannya tidak dibutuhkan sampai eksistensinya ‘dihadirkan’ sebagai mata kuliah wajib.

Seseorang gres bisa dikatakan mempunyai kesempurnaan kepercayaan apabila ia mempunyai budi pekerti atau akhlak, moral yang tangguh. Oleh lantaran itu duduk kasus akhlak/moral merupakan salah satu pokok ajaranI slam yang harus diutamakan dalam pendidikan agama Islam untuk diajarkan kepada anak didik. Hal tersebut menerima perhatian penuh dari dosen,guru, orang tua, serta pihak-pihak yang berkecimpung di dalamnya. Oleh lantaran itu, pendidikan agama Islam hendaknya ditanamkan semenjak awal, alasannya pendidikan pada awal-awal merupakan dasar yang memilih untuk pendidikan selanjutnya.





 III.            Manfaat Mata Kuliah



Membicarakan pendidikan Islam selaras di tersebutkan dalam UU No. 20 Tahun 2003 perihal Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi berbagi kemampuan dan membentuk tabiat serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi penerima didik supaya menjadi insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

 IV.            Kompetensi
a.      Standar Kompetensi

Mahasiswa sanggup membaca, mengetahui pesan dasar materi khusus PAI, serta membiasakan untuk menerapkannya dikehiduapan bersuku-suku dan berbangsa, bermasyarakat, dan kehidupan sosial lainnya, sebagai dasar untuk pengamalan nilai-nilai rahmatallil ‘alamin .

b.      Komptensi Dasar

Mahasiswa sanggup memahami materi khusus PAI, melaui sudut pandang keimanan, sosial kemasyarakatan, baik secara teoritik maupun secara praktek dalam kehidupan sehari-hari.


    V.            Strategi Perkuliahan

Strategi perkuliahan memakai metode student centerd learning (SCL), mahasiswa di arahkan untuk lebih aktif di dalam kelas mapun di luar kelas. Mahasiswa dituntut untuk melaksanakan mencar ilmu dengan berdikari dengan mencari materi rujukan melalui buku-buku terkait, jurnal-jurnal,skala, sebagai materi diskusi dalam kelas. Sebab dosen hanya sebagai fasilitator dan pemandu disetiap acara mahasiswa, baik pada pertemuan dalam kelas maupun di luar kelas. Selanjutnya mahaiswa juga di pandu dalam mengerjakan tugas-tugas terkait mirip tersebut dalam topic-topik yang sesuai dengan materi yang di presentasikan. Mahasiswa di bimbing dalam melaksanakan diskusi dan mencar ilmu mengenai berdiskusi yang baik. Mahasiswa di bagi menjadi kelompok-kelompok kecil beranggotakan 2-4 orang. Masing-masing kelompok di berikan topik sesuai dengan yang tertera di Satuan Acara Perkuliahan (SAP). Kegiatan ini di maksudkan untuk menanamkan pemahaman konsep setiap topic yang di berikan. Disamping itu, mahasiswa secara individu diminta untuk menulis makalah review literature materi-materi khusus PAI.

 VI.            Materi Bahan Bacaan Pekuliahan


Pertemuan
Bahan Kajian
Buku Referensi

1
Pengantar Perkuliahan: Penjelasan SAP dan kontrak perkuliahan


v M. Qurais Shihab, Wawasan Al-Qur’an, Mizan.Bandung.2013.


v Adjat Sudrajat  Dkk, Din Al Islam, Pedidikan Islam Untuk Perguruan Tinggi Umum.UNY Press. Yogyakarta. 2008.

v Kementrian Agama RI. (2010). Syaamil Al- Qur’an. Miracle The Reference, 22 Keunggulan Yang Memudahkan Dalam 1 Al-Qur’an Dengan Referensi Yang Sahih, lengkap, dan Komprensif. Bandung: Sygma Publishing.



v Saiful Amin, Aqidah dan Ibadah,Aqidah dan Ibadah, UMM Press. Malang. 2012.

v Sulaiman Rasjid, Fiqih Islam,Sinar Baru Algesindo. 2001. Surabaya.



2
Pendidikan Islam.

3
Manusia dan Kehidupan
4
Sumber-sumber fatwa Islam.
5
Aqidah Islamiyah
6
Iman dan Pengaruhnya dalam Kehidupan


7


 Tauhid dan urgensi dalam kehidupan Muslim

8
.
UTS (UJIAN TENGAH SEMESTER)

9
Syirik dan Bahayanya bagi kehidupan Manusia
v Dr. Mustafa Dieb Al-Bugha Muhyidin Mistu. Al Wafi, Syarah Kitab Arbain An Nawawiyah. (Jakarta. Al I’Tishom, 2003).

v Samsul Nizar. Sejarah Pendidikan Islam. Kencana. Jakarta.2010.

v Syamsul Rijal, Hamid. Buku Pintar Agama Islam. Jakarta. cahaya Islam. 2005.

v Muh.Rifa’i. Fiqih Islam Lengkap. Karya Toha putra. Semarang. 2005.





11
Ibadah dan Pembentukan Perilaku Posistif
12
Hakikat Sholat dan bagaimana Pelaksanaan Sholat Jenazah
13
Wawasan Ibadah Maliyah
14
Puasa dan Haji
15
Mewujudkan Spiritual Islam Dalam Kehidupan



16


UAS (UJIAN AKHIR SEMESTER)



VII.            Tugas-Tugas

Tugas yang di berikan kepada Mahasiswa terdiri dari kiprah individu dan kelompok, kiprah individu diberikan dalam bentuk menciptakan paper atau makalah pada setiap topik yang di bahas dalam materi kajian dan di serahkan pada tamat perkuliahan. Sedangkan kiprah kelompok di berikan pada setiap perkuliahan berlangsung dengan membagi topik pada setiap kelompok, kemudian di presentasikan di dalam kelas pada setiap pertemuan yang sudah di rencanakan.

Tugas Individu:
Mencari jurnal perihal materi khusus PAI, kemudian dibentuk dalam bentuk makalah dan di serahkan di tamat perkuliahan.

Tugas Kelompok:
Membuat makalah, power point, lengkap dan dipresentasikan di depan kelas.

VIII.            Kriteria Penilaian
Penilaian di lakukan dengan pendekatan proses dan kinerja baik secara individual maupun secara kelompok, instrument yang dipakai untuk evaluasi yakni melalui tes, dan laporan kiprah kelompok dan individu.






Penilaian Individu:

1)      Absensi 10 %
2)      Ujian tengah semester 30 %
3)      Ujian Akhir Semester 40%
4)      Tugas Individu 10%
5)      Keaktifan dalam diskusi individu10%

Penilaian Kelompok:

1)      Bobot Makalah 40 %
2)      Kemampuan menjawab dalam diskusi 30 %
3)      Kekompakan team dalam bekerja 30%

Standar Konversi nilai yang direncanakan:

A.           >80
B.           66-80
C.           56-65
D.           45-55
E.            <45


 IX.            Jadwal Perkuliahan


Perkuliahan dilakukan jam 16.30 – 17-30 WIB, Setiap  hari Sabtu.

    X.            Kontrak Tambahan.

1)        Mahasiswa di tolerir terlambat 15 menit, sehabis lewat 15 menit masuk akan memperoleh punishment tugas-tugas yang di berikan oleh Dosen pengampuh mata kuliah.
2)        Dosen di tolerir terlambat 30 menit, sehabis lewat 30 menit ketua kelas menghubungi dosen untuk mancari jadwal pengganti perkuliah
3)        Mahasiswa hanya boleh bolos paling banyak 3 kali pertemuan, apabila lebih dari 3 kali, maka mahasiswa tidak di benarkan mengikuti ujian, dan harus mengulang mata kuliah pada semester berikutnya. 
4)        Setiap mahasiswa wajib mempunyai catatan perkuliahan.
5)        Mahasiswa boleh minnta izin pada ketika perkuliahan berlangsung, tetapi apabila sehabis keluar tidak masuk lagi di anggap absen.



SILABUS MATA KULIAH
Mata Kuliah                                      : MKPAI
Kode Mata Kuliah/ SKS                  :
Fakultas                                             : Pendidikan Agama Islam
Prodi                                                   : Agama Islam
Hari Pertemuan/ Jam                       : Sabtu.(17.30 – 19.30)

Dosen Pembina                                  : Sunardin, S.Pd.I. M. Pd.I.


Deskripsi Mata Kuliah
Islam yakni agama rahmatan lil ‘alamin, fleksibel dan nilai-nilai ajarannya selalu sanggup diterima mirip apa pun dinamika perkembangan zaman. Tidak ada fatwa agama yang setolerir fatwa Islam. Sehingga sungguh bijak jikalau pemerintah menimbulkan pendidikan agama Islam menjadi salah satu komponen yang dipelajari secara kontinyu dalam dunia pendidikan formal kita. Bahkan menjadi mata pelajaran wajib di tingkat pendidikan dasar, menengah, dan mata kuliah wajib pada sekolah tinggi tinggi. Sekalipun pada sekolah tinggi tinggi umum.
Pendidikan Islam mirip pisau bermata dua, sebagai bidang studi dan sebagai wahana pembentukan watak, akhlaqul karimah dan rahmatan lil alamain, oleh lantaran itu, pendidikan Islam harus fungsional dalam arti lebih menekankan pengamalan dan kreativitas, Mata kuliah pendidikan Islam yakni sistem pendidikan yang sengaja didirikan dan diselenggarakan dengan hasrat dan niat (rencana yang sungguh-sungguh) untuk mengejawantahkan nilai-nilai Islam, pendidikan agama Islam (PAI) merupakan salah satu perwujudan dari pengembangan sistem pendidikan Islam terutama pada materi materi-materi khusus PAI.

MATERI :

1.      Pengantar Perkuliahan: Penjelasan SAP dan kontrak perkuliahan

2.       Pendidikan Islam.
Ø  Pengertian
Ø  dan Pendidikan Agama Islam
Ø  Fungsi Pendidikan Islam
Ø  Tantangan Pendidikan Islam
Ø   Pembaharuan Prendidikan Islam

3.      Manusia dan Kehidupan
Ø  Asal-usul tragedi Manusia
Ø  Potensi Manusia dan kelebihan atas makhluk lain
Ø  Tujuan dan fungsi ppenciptaan Manusia


4.      Sumber-sumber fatwa Islam
Ø  Karakteristik fatwa Islam
Ø  Sumber-sumber Ajaran Islam
Ø  Tujun Ajaran Islam

5.      Aqidah Islamiyah
Ø  Pengertian
Ø  Ruang Lingkup Aqidah
Ø  Sumber-sumber Aqidah Islam
Ø  Kaidah-kaidah Aqidah

6.      Iman dan Pengaruhnya dalam Kehidupan
Ø  Hubungan Iman ilmu dan aqal
Ø  Karakteristik dan sifat orang-orang beriman
Ø  Hal-hal yang merusak Iman


7.       Tauhid dan urgensi dalam kehidupan Muslim
Ø  Pengertian Tauhid
Ø  Makna Kalimat laailla ha ilallah
Ø  Tauhid sebagai landasan bagi semua aspek kehidupan


8.      Syirik dan Bahayanya bagi kehidupan Manusia
Ø  Pengertian
Ø  Bentuk-Bentuk syirik
Ø  Makna Syirik Modern
Ø  Kriteria Syirik Modern
Ø  Bahaya Syirik

9.      Ibadah dan Pembentukan Perilaku Posistif
Ø  Pengertian dan hakikat ibadah
Ø  Ibadah mahdah dan ibadaah Ghirumahdah
Ø  Menggapai Ibadah yang berkualitas
Ø  Menyikapi ikhtilaf dalam tata cara beribadah



10.  Hakikat Sholat Wajib dan bagaimana Pelaksanaan Sholat Jenazah
Ø  Keutamaan Sholat
Ø  Urgensi Sholat bagi keberagamaan
Ø  Hikmah di syariatkan Sholat
Ø  Ancaman Bagi yang tidak melaksanakan sholat

11.  Wawasan Ibadah Maliyah
Ø  Deskripsi dan implementasi ibadah maliyah
Ø  Macam-macam Ibadah Maliyah
Ø  Fungsi Ibadah Maliyah

12.   Puasa dan Haji
Ø  Pengertian
Ø  Puasa
Ø  Haji

13.  Mewujudkan Spiritual Islam Dalam Kehidupan
Ø  Internalisasi spiritual dalam kehidupan Individu
Ø  Internalisasi spiritual dalam kehidupan Keluarga
Ø  Internalisasi spiritual dalam kehidupan Masyarakat
Ø  Internalisasi spiritual dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

14.  ImanKepada Hari Akhir
Ø  Pengertian
Ø  Tanda-Tanda Datangnya Hari Akhir
Ø  Hari Kebangkitan, Padang Mahsyar, Mizan, Sirath, Surga dan Neraka


REFERENSI:
Rujukan dalam penulisan makalah dan tugas-tugas lainnya adalah, jurnal, makalah, buku-buku dan karya ilmiah lainnya yang relevaan dengan materi khusus PAI.

SUMBER BUKU PRIMER:

v M. Qurais Shihab, Wawasan Al-Qur’an, Mizan.Bandung.2013.
v Adjat Sudrajat  Dkk, Din Al Islam, Pedidikan Islam Untuk Perguruan Tinggi Umum.UNY Press. Yogyakarta. 2008.

v Kementrian Agama RI. (2010). Syaamil Al- Qur’an. Miracle The Reference, 22 Keunggulan Yang Memudahkan Dalam 1 Al-Qur’an Dengan Referensi Yang Sahih, lengkap, dan Komprensif. Bandung: Sygma Publishing.

v Saiful Amin, Aqidah dan Ibadah,Aqidah dan Ibadah, UMM Press. Malang. 2012.

v Sulaiman Rasjid, Fiqih Islam,Sinar Baru Algesindo. 2001. Surabaya.

v Dr. Mustafa Dieb Al-Bugha Muhyidin Mistu. Al Wafi, Syarah Kitab Arbain An Nawawiyah. (Jakarta. Al I’Tishom, 2003).

v Samsul Nizar. Sejarah Pendidikan Islam. Kencana. Jakarta.2010.

v Syamsul Rijal, Hamid. Buku Pintar Agama Islam. Jakarta. cahaya Islam. 2005.


v Muh.Rifa’i. Fiqih Islam Lengkap. Karya Toha putra. Semarang. 2005.

Sumber http://sunardins.blogspot.com

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Sap Mkpai Uniat Jakarta"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel