Penilaian Kinerja Guru Pkg
Tes penilaian kinerja guru 2015-2016 yaitu merupakan tes kelanjutan dari Uji Kompetensi Guru UKG 2015 yang dilaksanakan pada bulan november 2015 ini.
Sumarna Surapranata selaku Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan mengadakan aktivitas penilaian kinerja guru yaitu di tahun 2016 menyerupai dikutip dari Okezone belum usang ini.
Tujuan manfaat PKG ini yaitu dalam rangka menilai guru secara lebih menyeluruh, baik secara pengetahuan maupun kemampuan.
Komponen yang akan menilai dan jadi penilai guru nantinya akan terdiri dari :
Nantinya, nilai UKG akan digabungkan dengan PKG. Skor selesai kedua tes ini akan menjadi potret utuh kompetensi yang dimiliki seorang guru. Meski demikian, Pranata menegaskan, Kemdikbud tidak mengejar sasaran ketuntasan minimal kompetensi guru.
Profesi guru perlu dikembangkan secara terus menerus dan proporsional berdasarkan jabatan fungsional guru. Selain itu, biar fungsi dan kiprah yang menempel pada jabatan fungsional guru dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku, maka diharapkan Penilaian Kinerja Guru (PK GURU) yang menjamin terjadinya proses pembelajaran yang berkualitas di semua jenjang pendidikan.
Secara umum, PK GURU mempunyai fungsi utama, yaitu untuk menilai kemampuan guru dalam menerapkan semua kompetensi dan keterampilan yang diharapkan pada proses pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan kiprah pemanis yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah.
Dengan demikian, profil kinerja guru sebagai citra kekuatan dan kelemahan guru akan teridentifikasi dan dimaknai sebagai analisis kebutuhan atau audit keterampilan untuk setiap guru, yang sanggup dipergunakan sebagai basis untuk merencanakan PKB. Inilah yang termasuk dalam potongan tes ujian penilaian kinerja guru.
Tujuan maksud manfaat penilaian kinerja guru ini antara lain yaitu sebagai berikut :
Ada beberapa kompetensi guru yang dinilai dalam PKG itu sendiri diantaranya yaitu :
Kompetensi Pedagogi
Yang dinilai dalam kompetensi Pedagogi guru antara lain yaitu sebagai berikut :
Yang dinilai dalam kompetensi kepribadian guru antara lain yaitu sebagai berikut :
Yang dinilai dalam kompetensi sosial guru antara lain yaitu sebagai berikut :
Yang dinilai dalam kompetensi profesional guru antara lain yaitu sebagai berikut :
Dilakukan setiap selesai tahun oleh kepala sekolah atau pengawas atau guru senior yang ditunjuk oleh kepala sekolah (yang telah mengikuti training penilaian). Penilaian terhadap 14 kompetensi guru dilakukan dengan instrumen khusus.
Hasil penilaian untuk setiap kompetensi dinyatakan dengan skala 1 hingga 4 (nilai min 4 dan mak 56).
Sumarna Surapranata selaku Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan mengadakan aktivitas penilaian kinerja guru yaitu di tahun 2016 menyerupai dikutip dari Okezone belum usang ini.
Tujuan manfaat PKG ini yaitu dalam rangka menilai guru secara lebih menyeluruh, baik secara pengetahuan maupun kemampuan.
Komponen yang akan menilai dan jadi penilai guru nantinya akan terdiri dari :
- Pengawas Sekolah.
- Kepala Sekolah.
- Siswa.
- Komite Guru.
Nantinya, nilai UKG akan digabungkan dengan PKG. Skor selesai kedua tes ini akan menjadi potret utuh kompetensi yang dimiliki seorang guru. Meski demikian, Pranata menegaskan, Kemdikbud tidak mengejar sasaran ketuntasan minimal kompetensi guru.
Penilaian Kinerja Guru PKG Tahun 2016
Profesi guru perlu dikembangkan secara terus menerus dan proporsional berdasarkan jabatan fungsional guru. Selain itu, biar fungsi dan kiprah yang menempel pada jabatan fungsional guru dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku, maka diharapkan Penilaian Kinerja Guru (PK GURU) yang menjamin terjadinya proses pembelajaran yang berkualitas di semua jenjang pendidikan.
Secara umum, PK GURU mempunyai fungsi utama, yaitu untuk menilai kemampuan guru dalam menerapkan semua kompetensi dan keterampilan yang diharapkan pada proses pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan kiprah pemanis yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah.
Dengan demikian, profil kinerja guru sebagai citra kekuatan dan kelemahan guru akan teridentifikasi dan dimaknai sebagai analisis kebutuhan atau audit keterampilan untuk setiap guru, yang sanggup dipergunakan sebagai basis untuk merencanakan PKB. Inilah yang termasuk dalam potongan tes ujian penilaian kinerja guru.
Tujuan maksud manfaat penilaian kinerja guru ini antara lain yaitu sebagai berikut :
- Penilaian dari tiap-tiap butir kegiatan kiprah utama guru dalam rangka pembinaan karier kepangkatan dan jabatannya.
- Merupakan penghargaan atas prestasi kerja guru, sehingga dikaitkan dengan peningkatan dan pengembangan karir guru.
- Menjamin bahwa layanan pendidikan yang diberikan oleh guru yaitu berkualitas.
- Menjamin bahwa guru melakukan pekerjaannya secara profesional.
- Terkait pribadi dengan kompetensi guru dalam melakukan pembelajaran.
Bidang Kompetensi Guru Dalam Penilaian Kinerja
Ada beberapa kompetensi guru yang dinilai dalam PKG itu sendiri diantaranya yaitu :
Kompetensi Pedagogi
Yang dinilai dalam kompetensi Pedagogi guru antara lain yaitu sebagai berikut :
- Menguasai teori berguru dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
- Pengembangan kurikulum.
- Kegiatan pembelajaran yang mendidik.
- Memahami dan berbagi potensi.
- Komunikasi dengan akseptor didik.
- Penilaian Dan Evaluasi.
Yang dinilai dalam kompetensi kepribadian guru antara lain yaitu sebagai berikut :
- Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia.
- Menunjukkan pribadi yang remaja dan teladan.
- Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa besar hati menjadi guru.
Yang dinilai dalam kompetensi sosial guru antara lain yaitu sebagai berikut :
- Bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif.
- Komunikasi dengan sesama guru, tenaga pendidik, orang renta akseptor didik, dan masyarakat.
Yang dinilai dalam kompetensi profesional guru antara lain yaitu sebagai berikut :
- Penguasaan materi struktur konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
- Mengembangkan keprofesionalan melalui tindakan reflektif.
Dilakukan setiap selesai tahun oleh kepala sekolah atau pengawas atau guru senior yang ditunjuk oleh kepala sekolah (yang telah mengikuti training penilaian). Penilaian terhadap 14 kompetensi guru dilakukan dengan instrumen khusus.
Hasil penilaian untuk setiap kompetensi dinyatakan dengan skala 1 hingga 4 (nilai min 4 dan mak 56).
- skala 4 --> Kinerja yang sangat baik (kinerja diatas standar).
- skala 3 --> Sasaran kinerja (Kinerja sesuai standar).
- skala 2 --> Kinerja dibawah standar.
- skala 1 --> Kinerja tidak diterima.
- Merupakan materi penilaian diri bagi guru untuk berbagi potensi dan karirnya.
- Sebagai pola bagi sekolah untuk merencanakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
- Merupakan dasar untuk menunjukkan nilai prestasi kerja guru dalam rangka pengembangan karir guru sesuai Permenegpan 16/2009.
0 Response to "Penilaian Kinerja Guru Pkg"
Posting Komentar